Fakultas Tarbiyah IAIN Parepare - Program Studi Tadris Matematika IAIN Parepare mengadakan kegiatan benchmarking dengan Program Studi Pendidikan Matematika STKIP DDI Pinrang. Acara ini dilaksanakan pada hari Rabu, 12 Juni 2024 di Aula Balai Seni IAIN Parepare dan dihadiri oleh Ketua Prodi Tadris Matematika Dr. Buhaerah, M.Pd., serta dua dosen dan dua mahasiswa dari STKIP DDI Pinrang. Kegiatan ini merupakan bagian dari rangkaian kegiatan Seminar Pendidikan Matematika dan Gelar Produk Mahasiswa.
Kegiatan benchmarking ini dirancang untuk memperkuat kerjasama dan meningkatkan kualitas pendidikan di kedua program studi melalui beberapa bentuk kegiatan. Pertama, desain kurikulum di mana kedua program studi menyandingkan dan membandingkan kurikulum masing-masing untuk saling memberikan saran dan masukan. Diskusi ini bertujuan untuk menyelaraskan kurikulum agar lebih relevan dengan kebutuhan zaman dan meningkatkan mutu pendidikan di kedua institusi.
Kedua, kegiatan join penelitian yang melibatkan peneliti dari masing-masing program studi. Salah satu penelitian yang sedang berlangsung berjudul "Proses Berpikir Reflektif Implusif Mahasiswa dalam Menyelesaikan Masalah Kombinatorik," dengan ketua tim peneliti Buhaerah (dosen Tadris Matematika IAIN Parepare) dan anggota tim Nurjanna (dosen Pendidikan Matematika STKIP DDI Pinrang). Penelitian ini didanai oleh LITAPDIMAS tahun 2024.
Ketiga, dalam aspek pengabdian, kedua program studi memanfaatkan sumber daya untuk mengadakan kegiatan dengan judul "Pelatihan Pedagogical Content Knowledge bagi Dosen Tadris Matematika dan Pendidikan Matematika." Pelatihan ini diharapkan dapat meningkatkan kompetensi pedagogis dosen di kedua institusi.
Ketua Prodi Tadris Matematika, Dr. Buhaerah, M.Pd., menyampaikan bahwa kegiatan ini merupakan langkah penting dalam memperkuat hubungan akademik antara IAIN Parepare dan STKIP DDI Pinrang. "Kami berharap melalui benchmarking ini, kedua program studi dapat saling belajar dan berkembang, sehingga dapat memberikan kontribusi yang lebih baik dalam dunia pendidikan matematika," ujarnya. Dua dosen dan dua mahasiswa dari STKIP DDI Pinrang juga turut berpartisipasi aktif dalam diskusi dan kegiatan yang diadakan. Partisipasi mereka menunjukkan antusiasme dan komitmen untuk menjalin kerjasama yang erat dalam meningkatkan kualitas pendidikan.
Kegiatan benchmarking ini memberikan kesempatan bagi kedua program studi untuk saling bertukar ide dan pengalaman, serta mengeksplorasi kemungkinan kolaborasi lebih lanjut di bidang pendidikan, penelitian, dan pengabdian masyarakat khsususnya di bidang pendidikan matematika.