"Kolaborasi Unggul : Prodi PAI IAIN Parepare dan Jurusan PAI UIN Alauddin Makassar Tingkatkan Mutu Pendidikan Melalui Kunjungan Benchmarking"

21 November 2023 oleh
Hafis

Prodi Pendidikan Agama Islam IAIN Parepare melakukan kunjungan ke Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar. Rombongan dari Prodi Pendidikan Agama Islam  disambut ramah oleh Pihak Fakultas Tarbiyah dan Keguruan  di Ruangan Rapat Fakultas Dekan 3 Fakultas, Selasa, (21 November 2023).

Kegiatan benchmarking ini dilakukan di kampus 2 Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar yang terletak di Samata Kabupaten Gowa. Selangor dalam rangka sharing of knowledge tentang pengelolaan manajemen mutu prodi dan pelayanan akademik di lingkup Jurusan Pendidikan Agama Islam Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar. Kunjungan dilakukan oleh Rustan Efendy, M.Pd.I. (Ketua Prodi PAI), Fajriani M, Si. (Dosen Prodi Tadris IPA), dan Ahmad Zuhudy Bahtiar, M. Pd. (Dosen Prodi PAI), Andi Nurindah Sari (Dosen Prodi PAI), dan Muh. Ilham Jaya (Alumnni PAI). Mereka diterima oleh Dekan Wakil Dekan III Fakultas Tabiyah dan Keguruan Beserta Ketua Jurusan dan Sekertaris Jurusan Pendidikan Agama Islam UIN Alauddin Makassar.



Dalam kunjungan tersebut, Prodi PAI mendapatkan banyak masukan terkait  program yang dilakukan Jurusan PAI UIN Alauddin Makassar untuk mendukung peningkatan mutu, salah satunya melalui penggunaan kurikulum yang disesuaikan dengan tren kerja saat ini dengan mendorong kreativitas, inovasi, dan keterampilan kewirausahaan bagi mahasiswa.

Sebagai perguruan tinggi yang berfokus pada pendidikan UIN Alauddin Makassar memberikan penekanan pada pengalaman belajar dan praktik, serta interaksi mahasiswa dengan dunia pendidikan . Dalam kesempatan ini, baik Prodi PAI IAIN Parepare dan Jurusan PAI UIN Alauddin Makassae bertukar informasi tentang sumber daya yang dimiliki masing-masing Prodi dan hal-hal yang dapat dilakukan dalam melakukan kolaborasi. Momentum ini sangat penting untuk membangun kolaborasi demi meningkatkan kualitas Prodi dan pelaksanaan Tri Darma Perguruan Tinggi sehingga kedua Prodi dapat saling mendukung.


“Kami sangat senang mendapatkan kunjungan kerja dari IAIN Parepare, di samping bisa melakukan sharing of knowledge juga bisa sharing untuk program-progam yang akan dilakukan prodi PAI selanjutnya guna mendukung kualitas Prodi,”ujar Dekan FTDK, Dr. Ridwan Idris, S. Ag., M.Pd.

Sementata itu Dr. H. Syamsuri, S.S., M.A.  mengungkapkan bahwa dari kunjungan tersebut banyak hal yang dapat diimplementasikan.

“Hal tersebut akan sangat membantu dalam menunjang peningkatan mutu,” ungkap Dr. Syamsuri, S.S., M. A. Sebelum menutup FGD dengan Pihak Prodi PAI IAIN Parepare. 

Melalui kunjungan ini, pihak Prodi PAI IAIN Parepare dan Jurusan PAI UIN Alauddin Makassar juga membahas beberapa hal yang masuk dalam MoA antarprodi.


di dalam Berita
Hafis 21 November 2023
Share post ini
Label
Arsip