Art Projects Mata Kuliah : Prodi PIAUD Gelar Implementasi Ruang Seni dan Imajinatif di Kota Parepare

24 Desember 2023 oleh
Hafis

Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD) IAIN Parepare sukses menyelenggarakan kegiatan Projects UAS Mata Kuliah Seni dengan tema "Ruang Seni dan Imajinatif." Kegiatan ini menjadi sorotan karena melibatkan kolaborasi antara dosen Prodi PIAUD dan mahasiswa/i PIAUD semester 5. Kegiatan ini berlangsung pada hari Sabtu, 23 Desember 2023, di Taman Masjid Terapung.


Acara dihadiri oleh mahasiswa PIAUD semester 1-3, perwakilan dari TK/RA/PAUD kota Parepare yang telah bekerjasama dengan Prodi PIAUD, serta anak-anak dari dosen IAIN Parepare. Tujuan utama dari kegiatan ini adalah memberikan wadah bagi mahasiswa/i untuk mengaplikasikan pengetahuan dari mata kuliah seni rupa dan seni musik dalam sebuah proyek nyata. Selain itu, kegiatan ini juga bertujuan untuk memperkuat kerjasama dengan TK/RA/PAUD di kota Parepare.

Projects UAS ini disiapkan dengan baik, dimulai dari perencanaan yang telah disepakati sejak pertemuan awal kontrak kuliah hingga pelaksanaan di pertemuan ke-16. Rangkaian kegiatan mencakup penyediaan berbagai jenis alat musik tradisional dan benda bekas yang diubah menjadi alat musik, serta media perlengkapan mencetak dan melukis dari bahan bekas.


Syarifah Halifah selaku pengampuh mata kuliah seni musik, menyampaikan bahwa mahasiswa berhasil menghasilkan karya-karya seni yang menggabungkan bunyi, nada, irama, dan harmonisasi dari alat musik bahan bekas dan bambu. Pembukaan penampilan dari mahasiswa semester 5 juga menampilkan lagu tradisional daerah Mandar dengan judul "Tenggang-Tenggang Lopi."

Sementara itu, Tien Asmara Palintan, Dosen Seni Rupa, menyediakan berbagai jenis media dari bahan bekas untuk melatih sensorik anak-anak melalui kegiatan melukis. Tema "bermain sambil belajar" menjadi konsep utama dalam kegiatan ini, sambil menjalin silaturahmi dan mempromosikan Prodi PIAUD kepada masyarakat umum Kota Parepare.


Novita Ashari selaku Ketua Prodi PIAUD menegaskan bahwa kegiatan ini merupakan salah satu program rutin yang menunjukkan kolaborasi yang sukses antara dosen Prodi PIAUD dan mahasiswa. Puncak tema dan UAS ini menjadi implementasi nyata dari karya-karya praktikum dan hasil kerjasama dengan TK/RA/PAUD di Kota Parepare.

"Semoga kegiatan semacam ini terus berlanjut untuk memberikan manfaat dan wawasan lebih luas kepada mahasiswa/i PIAUD serta meningkatkan kualitas pendidikan di Prodi PIAUD IAIN Parepare". kata Novita Ashari



di dalam Berita
Hafis 24 Desember 2023
Share post ini
Label
Arsip