Prodi PIAUD Angkatan 2022 IAIN Parepare Gelar Study Tour di Benteng Fort Rotterdam, Makassar

16 Desember 2023 oleh
Hafis

Mahasiswa Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD) Angkatan 2022 IAIN Parepare melaksanakan Kunjungan Wisata Budaya di Benteng Fort Rotterdam, Kota Makassar. Kegiatan ini dilakukan dalam rangka memperluas pengetahuan mahasiswa sekaligus memenuhi agenda perkuliahan mata kuliah Study Budaya Lokal.

Kunjungan wisata ini dilaksanakan pada hari Jumat, 15 Desember 2023, dan dihadiri oleh 30 mahasiswa dari Prodi PIAUD. Kegiatan ini tidak hanya menjadi ajang rekreasi, tetapi juga kesempatan bagi mahasiswa untuk memahami sejarah besar Kota Makassar dengan menjelajahi Museum La Galigo yang terletak di dalam Benteng Fort Rotterdam.


Museum ini, yang menjadi tujuan utama study tour, menampilkan koleksi sebanyak 4999 buah. Objek-objek bersejarah, seperti koleksi prasejarah, numismatik, keramik asing, sejarah, dan naskah, menjadi daya tarik utama museum. Selain itu, terdapat pula koleksi etnografi yang mencakup berbagai jenis objek teknologi, kesenian, peralatan hidup, serta benda-benda tradisional dari suku asli Sulawesi Selatan, seperti Bugis, Makassar, Mandar, dan Toraja.

Tri Ayu Lestari Natsir selaku pendamping memberikan penjelasan langsung terkait dengan koleksi-koleksi museum, termasuk benda-benda peninggalan kerajaan lokal dan objek bersejarah, seperti senjata revolusi kemerdekaan. Mahasiswa dapat menikmati penjelasan yang mendalam dan interaktif dari dosen yang bersama-sama mereka dalam kegiatan ini.


Setelah menjelajahi Benteng Fort Rotterdam, study tour dilanjutkan ke Mesjid 99 Kubah di Makassar. Kunjungan ke mesjid ini memberikan pengalaman tambahan kepada mahasiswa, menghadirkan wawasan sejarah dan keagamaan di Kota Makassar.

"Harapa kedepannya dengan adanya pengalaman berharga ini memberikan inspirasi kepada mahasiswa untuk lebih banyak menjelajahi tempat-tempat bersejarah dan berbudaya di masa mendatang". Ungkap Tri Ayu.


Putri Aprilia selaku ketua panitia, menyampaikan bahwa pelaksanaan study tour ini memberikan pembelajaran dan pengalaman langsung yang sangat berharga bagi seluruh angkatan 2022 Prodi PIAUD IAIN Parepare di Kota Makassar.

"Semoga kegiatan serupa dapat terus diadakan untuk memberikan wawasan yang lebih luas kepada mahasiswa serta memperkaya pengetahuan mereka melalui pengalaman langsung". kata Puti Aprilia.

 

di dalam Berita
Hafis 16 Desember 2023
Share post ini
Label
Arsip