Prodi PBI IAIN Parepare Lakukan PKM Kolaborasi Nasional dengan Stain Majene, Dekan Fakultas Tarbiyah Berharap Lahirkan Talenta Riset Guru-Guru Bahasa Inggris

29 November 2023 oleh
Hafis

Kolaborasi yang menginspirasi antara PKM Nasional IAIN Pare dan STAIN Majene melahirkan Pelatihan Riset untuk Guru-Guru MGMP Bahasa Inggris Kabupaten Majene. Kegiatan ini berlangsung di SDN 3 Majene selama empat hari, mulai tanggal 23 hingga 26 November 2023.


Tujuan dari pelatihan ini adalah memberikan pemahaman mendalam kepada guru-guru MGMP Bahasa Inggris Kabupaten Majene tentang cara, jenis, dan pelaksanaan penelitian. Fokusnya tidak hanya pada aspek akademis, tetapi juga memberdayakan guru-guru untuk memperdalam ilmu riset.


Acara diawali dengan upacara pembukaan yang meriah, menyanyikan Indonesia Raya, serta sambutan hangat dari MGMP Majene dan Dekan Tarbiyah Tarbiyah dilanjutkan dengan pembacaan Doa dan Sesi Inti yaitu Pelatihan.


Zulfah sebagai pemateri menyampaikan rasa syukur karena MGMP Kabupaten Majene memberikan kesempatan pada tim untuk memberikan pendampingan terkait pelatihan riset. Mereka mengapresiasi semangat tinggi yang ditunjukkan oleh guru-guru, terutama dalam konteks kurangnya perhatian terhadap pembuatan riset, terutama bagi mereka yang tengah mengejar kenaikan pangkat.


"Penelitian itu tidak sulit, terutama bagi guru yang setiap hari terlibat dalam proses pembelajaran di kelas. Dengan seringkali menghadapi permasalahan di kelas, itulah inti dari sebuah penelitian. Dari penelitian tersebut, ditawarkan solusi sehingga kelas yang dibina, khususnya mata pelajaran Bahasa Inggris, dapat memiliki hasil pendekatan psikologis antara guru dan peserta didik yang lebih dekat, serta meningkatkan hasil pembelajaran secara keseluruhan.", Ungkap Zulfah


Pesan dari para guru menggambarkan harapan untuk adanya kelanjutan kegiatan ini dan pembinaan berkala. Mereka siap menjadi peserta kembali dan berkomitmen untuk mengangkat kegiatan ini pada tahap riset yang dapat diunggah ke jurnal terakreditasi. Para guru merasa bahwa kegiatan ini belum cukup dan mereka berharap agar pembinaan dapat dilakukan secara intensif untuk mendukung penelitian yang lebih mendalam.


Pelatihan riset ini tidak hanya menjadi sarana pengembangan ilmu pengetahuan bagi para guru, tetapi juga membangun semangat kolaborasi dan solidaritas dalam meningkatkan kualitas pembelajaran Bahasa Inggris di Kabupaten Majene.

di dalam Berita
Hafis 29 November 2023
Share post ini
Label
Arsip