KONJUGASI (Konservasi dan Kunjungan Sains) Tumbuhkan jiwa Sainspreneur Mahasiswa TIPA

3 Desember 2023 oleh
Hafis

Himpunan Mahasiswa Program Studi Tadris Ilmu Pengetahuan Alam (HMPS TIPA) Fakultas Tarbiyah (Faktar) Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Parepare menggelar Konjugasi (Konservasi dan Kunjungan Sains) dengan tema "Meningkatkan Kualitas Berpikir Mahasiswa Tadris IPA Melalui Pemanfaatan Bioteknologi". 


Kegiatan ini dilaksanakan pada hari Sabtu (2/12/2023) berlangsung di Pabrik Tempe dan Tahu Barokah, Jalan Sumur Jodoh, Cempae, Parepare. Kegiatan ini melibatkan Dosen Mikrobiologi Tadris IPA, Novia Anugra dan Mahasiswa Tadris IPA.



Kegiatan ini bertujuan untuk menambah wawasan mahasiswa Tadris IPA terkait pemanfaatan Bioteknologi yakni pembuatan tempe. Melalui kegiatan ini, mahasiswa Tadris IPA diharapkan mampu mengetahui proses pembuatan tempe, mikroorganisme apa yang berperan dan bagaimana pengolahan tempe yang baik. 


Sartika, Ketua Umum HMPS TIPA mengungkapkan kesannya selama kegiatan, "Bagi Saya, kegiatan ini tentu saja sangat bermanfaat. Tempe yang hanya sering saya makan, sekarang bisa saya lihat secara langsung proses pembuatannya. Selain itu, di kegiatan ini banyak tambahan ilmu baru yang kami peroleh. Saya berharap, kegiatan kunjungan sains ini terus berlanjut kedepannya, karena manfaatnya yang memang sangat banyak" ungkapnya.



Novia Anugra, Dosen Mikrobiologi Tadris IPA turut berkomentar atas terlaksananya kegiatan ini

"Kegiatan konjugasi menjadi sarana bagi mahasiswa untuk memperoleh pengalaman langsung dari materi atau teori-teori yang sdh di ajarkan di  kelas, sehingga pembelajaran nya menjadi lebih bermakna" ujarnya.


Hal yang senada juga diungkapkan Andi Aras, Ketua Prodi Tadris IPA, "Kegiatan seperti ini sangat penting untuk membekali mahasiswa pengetahuan dan pengalaman dalam pemanfaatan Mikrobiologi, sehingga nantinya mereka akan memiliki kemampuan untuk mengelola ilmu dan skill sains untuk dimanfaatkan dan ditingkatkan agar lebih optimal sehingga bisa meningkatkan taraf hidupnya dalam berwirausaha.

di dalam Berita
Hafis 3 Desember 2023
Share post ini
Label
Arsip