Benchmarking: Peningkatan Mutu Pembelajaran Jarak Jauh dan Pengembangan PJJ di UT Jakarta

2 Desember 2023 oleh
Fajriyani

​Fakultas Tarbiyah IAIN Parepare melakukan penjajakan di UT (Universitas Terbuka) Jakarta dengan tujuan untuk meningkatkan mutu pembelajaran jarak jauh. Kegiatan penjajakan ini diselenggarakan di Wisma UT 1 Ruang Pinus Pondok Cabe Jakarta Selatan, Kamis 30 November 2023.  Kegiatan ini turut dihadiri dari pihak Fakultas Tarbiyah IAIN Parepare, Dekan Fakultas Tarbiyah IAIN Parepare, Ketua dan Sekertaris Panitia PJJ, Kepala Pusat Kurikulum IAIN Parepare, serta ketua prodi Tadris Matematika sebagai perwakilan ketua prodi fakultas Tarbiyah. di sisi lain, dari pihak UT dihadiri oleh Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan, Layanan Pembelajaran, dan Kerja Sama pada FKIP, Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan, Layanan Pembelajaran, dan Kerja Sama pada FHISIP, Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan, Layanan Pembelajaran, dan Kerja Sama pada FEB, serta Staf Ahli Bidang Pemasaran, Kerja Sama, dan Kehumasan. 


Kegiatan diawali dengan sambutan dari Dr. Zulfah, M.Pd selaku Dekan Fakultas Tarbiyah IAIN Parepare "​Pertama-tama kami menyampaikan salam dari Bapak Rektor kami. Prof Dr. Hananni, M.ag. Bahwa kunjungan kami, didasarkan atas instruksi bapak Rektor, khususnya untuk Fakultas Tarbiyah Tim PJJ dan PPG adalah salah satu program Konsen Bapak Rektor. Maka tujuan kehadiran kami untuk menjajaki kerjasama dan belajar bagaimana mengelola PJJ agar bisa dibimbing langsung dari TIM PJJ UT atau mementori secara komprehensif ttg pengelolaan PJJ. Alhamdulillah prodi Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah telah berstatus akreditasi Unggul sehingga kami memenuhi syarat untuk mengajukan proposal pembukaan prodi PJJ yang September kemarin telah submit. Oleh karena itu, kami hadir di sini UT untuk belajar dari Kampus nomor 1 terkait pendidikan jarak jauh tentang bagaimana mengelola manajemen  pembelajaran PJJ. Sehingga mampu mendesain pembelajaran PJJ yang lengkap." Jelasnya.




Dr. Lidwina Sri Ardiasih, S.Pd., M.Ed, selaku Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan, Layanan Pembelajaran, dan Kerja Sama pada FKIP memberikan respon positif atas kegiatan penjajakan ini. "Kami senang sharing pengalaman dan pengetahuan terkait dengan operasional UTPJJ bahwa  dengan kompetitor ini adalah mitra kita bahwa kita saling mendukung." 

Staf Ahli Bidang Pemasaran, Kerja Sama, dan Kehumasan sekaligus staf ahli Warek 4 UT, Dra. Ace Sriati Rachman, M.Si mengungkapkan "Terkait pelatihan difasilitasi langsung dari pusat bisnis kantor WAKIL REKTOR IV bidang riset Bisnis dan kerjasama untuk memenuhi infrastruktur sarana dan prasarana serta terkait dengan pelatihan-pelatihan PJJ mulai dari bahan ajar, penyelenggaraan bantuan belajar, online learning hingga bantuan LMS. Kami pihak UT bersedia bermitra untuk tumbuh bersama, selain itu  UT memiliki paket pelatihan pengembangan PJJ selama 3 hari ttg pengelolaan, pengembangan bahan ajar, dan evaluasi pembelajaran PJJ jika berkenan terkait pelatihan kami fasilitasi Narasumber-narasumber  yang sesuai baik sifatnya online maupun hadir langsung di pusat UT" 

Dra. Ace Sriati Rachman menambahkan "Selain itu UT telah diwadahi kerjasama Internasional berbasis MOOCs (Massive Open Online Course)"  


Mendengar hal tersebut, Dekan Fakultas Tarbiyah menyampaikan harapan penjajakan kali ini, "Sekiranya kehadiran BENCHMARKING ini dilanjutkan kerjasama dalam bidang pengembangan pembelajaran nantinya. Harapannya IAIN Parepare khususnya Fakultas Tarbiyah bersama tumbuh untuk menjadi Higher Education yang Moderat, Inovatif dan Unggul"



di dalam Berita
Fajriyani 2 Desember 2023
Share post ini
Label
Arsip