"Edukasi Demokrasi untuk Anak Usia Dini: Milad ke-7 PIAUD IAIN Parepare Sajikan Pengabdian kepada Masyarakat"

29 Februari 2024 oleh
Hafis

Dalam rangka memperingati Milad ke-7 Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD), Himpunan Mahasiswa Program Studi (HMPS) Pendidikan Islam Anak Usia Dini IAIN Parepare menggelar kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) di TK Terpadu Al Madinah yang dilaksanakan pada hari Kamis, 29 Februari 2024.

Tujuan utama dari pelaksanaan kegiatan ini adalah untuk memberikan pemahaman kepada anak-anak tentang demokrasi, serta konsep hak dan tanggung jawab kewarganegaraan. Diharapkan, melalui simulasi pemilihan ini, anak-anak dapat mengenali proses demokratis secara sederhana, membentuk nilai-nilai demokratis, dan memahami pentingnya partisipasi dalam pemilihan.


Rangkaian kegiatan dihadiri oleh guru, murid TK Terpadu Al Madinah, serta mahasiswa dari HMPS Pendidikan Islam Anak Usia Dini. Acara dimulai dengan pembukaan yang dipenuhi doa syukur dan penjelasan mengenai tema Milad. Selanjutnya, dijelaskan tata cara pencoblosan kepada anak-anak PAUD dengan sederhana.

Setelah itu, anak-anak melakukan kegiatan pencoblosan dengan didampingi oleh pendidik. Pembagian snack dan susu dilakukan untuk anak-anak yang telah mencoblos, sementara pembukaan kotak suara dilakukan bersamaan dengan penjelasan terkait pencoblosan yang telah dilakukan oleh anak-anak usia dini. Kegiatan ditutup dengan doa dan ucapan terima kasih dari ibu dosen dan mahasiswa IAIN yang telah melaksanakan kegiatan simulasi pemilihan di TK Terpadu Al Madinah. 



Ibunda Andi Citra menyampaikan bahwa kegiatan ini dapat mengajarkan anak-anak tentang hak dan kewajiban mereka dalam proses demokratis, bukan hanya pemahaman tentang mekanisme pemilihan, tetapi juga membentuk nilai-nilai demokratis pada diri anak-anak.

Ketua Program Studi PIAUD, sangat mengapresiasi kegiatan ini. Beliau menegaskan bahwa "Pengabdian ini merupakan bentuk edukasi kepada anak usia dini untuk mengenal sistem demokrasi secara sederhana, memberikan pemahaman tentang konsep hak dan tanggung jawab kewarganegaraan, serta mengajarkan pentingnya partisipasi anak-anak dalam proses demokrasi". Kata Novita Ashari


di dalam Berita
Hafis 29 Februari 2024
Share post ini
Label
Arsip