Implementasikan Kerjasama Nasional: Prodi Tadris IPS IAIN Parepare Laksanakan PkM Kolaborasi dengan Prodi Tadris IPS UIN Datokarama Palu

25 Desember 2023 oleh
Hafis

Kamis, 21 Desember 2023 sampai dengan Sabtu, 23 Desember 2023 bertempat di Situs Cagar Budaya Loru, Desa Loru, Kecamatan Sigi Biromaru, Kabupaten Sigin Prodi Tadris IPS IAIN Parepare bekerjasama dengan Prodi Tadris IPS UIN Datokarama Palu melaksanakan kegiatan PkM Kolaborasi Nasional yang mengangkat tema Pelestarian Kearifan Lokal Melalui Integrasi Etno-Social Pembelajaran IPS.


Kegiatan tersebut dibuka langsung oleh Dekan Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan UIN Datokarama Palu, Bapak Dr. Saepudin Mashuri, S.Ag, M.Pd.I dalam sambutannya beliau sangat mengapresiasi kegiatan PkM kolaborasi yang dilakukan karena kegiatan tersebut menghadirkan guru-guru pendidikan IPS Se-Kabupaten Sigi, alumni, dan Mahasiswa Prodi Tadris IPS dari kedua belah pihak dan memberikan pendampingan langsung kepada mereka dalam mengintegrasi kearifan lokal dalam pembelajaran IPS sebagai suatu tekad untuk melestarikan budaya lokal.

Kegiatan PkM tersebut melibatkan dua kelompok Pengabdi yang masing-masing melibatkan dosen DTPS dan mahasiswa. Tim kelompok pengabdi pertama terdiri dari Dr. Sri Dewi Lisnawaty, S.Ag, M.Si (UIN Datokarama Palu, Dr. Ahdar, S.Sos, M.Pd.I (IAIN Parepare), dan Muhammad Farhan (Mahasiswa Tadris IPS IAIN Parepare) dengan judul PkM Pendampingan Pemanfaatan Lingkungan Masyarakat Sekitar sebagai Sumber Pembelajaran IPS pada Guru IPS Se-Kabupaten Sigi. Pada kelompok pengabdi kedua beranggotakan Nurleli Ramli, M.Pd (IAIN Parepare), Ardillah Abu, S.Pd, M.Pd (UIN Datokarama Palu), dan Rosmala Dewi (Mahasiswa Tadris IPS) dengan judul PkM Pendampingan Integrasi Kearifan Lokal sebagai Bahan Ajar dan Sumber Pembelajaran IPS pada Guru IPS Se-Kabupaten Sigi. Masing-masing kelompok melaksanakan pendampingan sesuai dengan jadwal kegiatan yang telah disepakati.


Kami sangat bersyukur kegiatan PkM kolaborasi ini dapat terlaksana dengan baik, apalagi kegiatan ini merupakan implementasi kerjasama atas penandatanganan kerjasama yang telah dilakukan oleh kedua program studi di Kegiatan tahunan APRIPSI (Perhimpunan Program Studi Pendidikan IPS Indonesi) di Universitas Negeri Semarang pada tanggal 28 September 2023. Saya juga berharap kegiatan PkM ini terus dilanjutkan sampai menghasilkan sebuah output berupa bahan ajar IPS berbasis kearifan lokal. Ujar Ketua Prodi Tadris IPS UIN Datokarama Palu (Riska Elfira, S.Pd, M.Pd).

Mewakili guru IPS sebagai peserta kegiatan saya berharap kegiatan kolaborasi ini terus dilaksanakan dan kami sangat senang apabila dilibatkan kembali sebagai peserta karena kami juga butuh meningkatkan wawasan keilmuan utamanya tentang model pembelajaran IPS yang interaktif dan bisa mengintegrasikan kearifan lokal dalam pembelajaran. (Ujar Salah Seorang Peserta)

PkM kolaborasi ini memang sudah kami rancang bersama ketika melaksanakan penandatanganan PKS (Perjanjian Kerjasa Sama) dan Alhamdulillah bisa berjalan dengan baik, apalagi semua peserta sangat antusias mengikuti rangkaian kegiatan. Saya pribadi berharap kegiatan PkM kolaborasi ini bisa berlanjut tahun depan dan tidak hanya pada bidang PkM tapi juga pada penelitian kolaborasi, dan pendidikan utamanya dalam hal pertukaran mahasiswa MBKM. (Ujar Ketua Prodi Tadris IPS).


di dalam Berita
Hafis 25 Desember 2023
Share post ini
Label
Arsip